PEMBERIAN TUGAS DAN ASESMEN OTENTIK TERINTEGRASIKAN DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN STATISTIKA

Sabtu, 3 September 2011 pukul 5:15 pm | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan | Tinggalkan komentar
Tag: , , ,

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2 Nomor 2 Agustus 2008

Penulis:

I Nengah Kariasa & Putu Budi Adnyana
Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Undiksha

Abstrak:

Tujuan umum penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas perkuliahan statistika di Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha. Prosedur penelitian mengacu pada pola penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan utama, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah seluruh mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah statistika pada semester gasal tahun akademik 2007/2008. Data yang dikumpulkan sebagai indikator kualitas perkuliahan adalah indeks keefektifan perkuliahan, aktivitas, dan respon mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif dan diuraikan secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas dan asesmen otentik yang diintegrasikan dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Keyword: Tugas otentik; asesmen otentik; kooperatif; kualitas perkuliahan

DOWNLOAD PDF

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: