APLIKASI KONSEP-KONSEP BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SMA LABORATORIUM UNDIKSHA

Senin, 12 September 2011 pukul 8:54 pm | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2 Nomor 2 Agustus 2008

Penulis:

I Ketut Artawan & I Gusti Agung Nyoman Setiawan
Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA Undiksha
Ni Wayan Manik Hermawati & Ni Ketut Dani
SMA Laboratorium Undiksha

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi, dan (2) meningkatkan penguasaan dan aplikasi konsep bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X2 SMA Laboratorium Undiksha Tahun Pelajaran 2006/2007. Penelitian dilakukan selama 3 (tiga siklus). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran, (2) terjadi peningkatan penguasaan dan aplikasi konsep biologi bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Kata-kata kunci: Pengajaran kontekstual; hasil belajar; aplikasi konsep

DOWNLOAD PDF

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: