KEUNGGULAN KOMPARATIF MODEL PERUBAHAN KONSEPTUAL DAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA BAGI SISWA SMA

Rabu, 4 Juli 2012 pukul 8:39 pm | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan | 1 Komentar
Tag: , , ,

ISSN 1979-7109 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Volume 3, Nomor 1, April 2009

Penulis:

I Wayan Santyasa (Jurusan Pendidikan Fisika)
FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis keunggulan model perubahan konseptual (MPK) dibandingkan dengan model pembelajaran linier (MPL) dalam pencapaian PK dan KPM, (2) menganalisis keunggulan seting group investigation (GI) dibandingkan dengan model student team achievement divisions (STAD) dalam pencapaian PK dan KPM, (3) menganalisis interaksi antara model dan seting pembelajaran dalam pencapaian PK dan KPM. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi versi faktorial 2×2 pretes-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas I SMA Negeri di Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2008/2009. Sampel penelitian adalah empat kelas pada empat SMA yang ditetapkan berdasarkan teknik cluster random sampling. Data PK dikumpulkan dengan 10 butir tes PK dan data KPM dikumpulkan dengan 10 butir tes KPM. Data dianalisis dengan MANCOVA faktorial 2×2 dengan skor-skor prates sebagai kovariat. Teknik analisis menggunakan program SPSS-PC 10.0 for Windows. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut. (1) PK dan KPM siswa pada kelompok MPK lebih tinggi dibandingkan kelompok MPL. (2) Siswa dalam seting GI menunjukkan PK dan KPM lebih tinggi dibandingkan seting STAD. (3) Terdapat pengaruh interaktif model dan seting pembelajaran terhadap PK dan KPM. MPK cenderung lebih berinteraksi dengan seting GI dalam pencapaian PK dan KPM.

Kata-kata kunci: model perubahan konseptual; investigasi kelompok; pemahaman konsep; kemampuan pemecahan masalah

DOWNLOAD PDF

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. When someone writes aan article he/she retains the plan of a user in his/her mind
    that how a user cann be aware of it. So that’s why this piece of writing is perfect.
    Thanks!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: