PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN SETING GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA

Rabu, 4 Juli 2012 pukul 5:45 pm | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan | Tinggalkan komentar
Tag: , , ,

ISSN 1979-7109 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Volume 2, Nomor 3, Desember 2008

Penulis:

Putu Yasa & Putu Artawan
Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan capaian hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, melalui pembelajaran pemecahan masalah dengan seting group investigation. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dalam tiga siklus ppembelajaran, melibatkan 52 orang mahasiswa yang memprogram mata kuliah Mekanika Jurusan Pendidikan Fisika tahun akademik 2007/2008 yang terdiri dari dua kelas. Data tentang hasil belajar mahasiswa dikumpulkan dengan metode tes, dalam bentuk tes uraian sedangkan data tentang ketrampilan berpikir mahasiswa dikumpulkan dengan melakukan analisis terhadap lembar kerja tes hasil belajar mahasiswa. Semua data penelitian kemudian dianalisis secara deskriptip dengan menentukan rerata masing-masing data dan dijustifikasi pada masing-masing indicator. Data tentang capaian hasil belajar dan ketrampilan berpikir kritis mahasiswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menentukan rerata yang dicapai dan sebaran jumlah mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan; hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dapat ditingkatkan, ditunjukkan oleh peningkatan masing-masing. Pada siklus I hasil rerata hasil belajar mahasiswa mencapai 72,21 berada pada kategori baik dan rerata skor ketrampilan berpikir kritis mahasiswa mencapai 70,31 berada pada kategori tinggi, capaian ini meningkat pada siklus II dengan rerata hasil belajar mencapai 77,69 dan skor ketrampilan berpikir kritis mencapai 77,98. Bahkan pada siklus III capaian hasil belajar mahasiswa mencaai 81,15 dan rerata skor keterampilan berpikir kritis mahasiswa mencapai 80,29. Sebagai simpulan pembelajaran pemecahan masalah dengan seting belajar kooperatif group investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan capain hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Mekanika.

Kata-kata kunci: Pembelajaran pemecahan masalah; group Investigation; hasil belajar; berpikir kritis

DOWNLOAD PDF

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: