PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR YANG BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN PROSES DAN KOMUNIKASI SOSIAL

Rabu, 4 Juli 2012 pukul 5:33 pm | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

ISSN 1979-7109 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Volume 2, Nomor 3, Desember 2008

Penulis:

Gede Inten Krisnawa (Jurusan PPKn)
Wayan Cipta (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Ilmu Sosial Undiksha

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran pengetahuan sosial untu siswa kelas awal sekolah dasar. Tujuan tersebut akan direalisasikan melalui penelitian pengembangan dengan tipe front-enden analysis. Lokasi penelitian adalah sekolah dasar di kota Singaraja. Penelitian ini akan dilakukan selama dua tahun. Produk tahun pertama ini adalah analisis kebutuhan pembelajaran pengetahuan sosial, dan profil guru. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumen. Keseluruhan data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan metode statistik, yaitu analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas I dan II rata-rata berumur antara 6-7 tahun, (2) pengalaman mengajar guru rata-rata di atas 20 tahun dengan kualifikasi pendidikan sarjana, (3) phenomena didaktik yang dihadapi guru adalah sulit mengembangkan dan menemukan sumber materi, serta terbatasnya sarana pembelajaran, (4) silabus, RPP, model pembelajaran, buku pegangan siswa, dan buku pedoman guru yang selama ini digunakan belum mencerminkan penerapan keterampilan proses dan komunikasi sosial, (5) candraan kompetensi pengetahuan sosial sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2006 telah mengandung pokok-pokok materi keterampilan proses dan komunikasi sosial, dan (6) rancangan awal model buku pegangan siswa dan pedoman guru mengacu pada aplikasi model keterampilan proses dan komunikasi sosial. Berdasarkan temuan ini, maka pada tahun kedua akan dilakukan pengembangan model dan eksperimen dalam skala terbatas.

Kata-kata kunci: keterampilan proses sosial; perangkat pembelajaran; dan IPS

DOWNLOAD PDF

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: