PERILAKU PENCARIAN INFORMASI, PEMANFAATAN LAYANAN, DAN MINAT LAYANAN INFORMASI PARA MAHASISWA YANG BERKUNJUNG DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Rabu, 4 Juli 2012 pukul 4:45 pm | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains & Humaniora | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

ISSN 1979-7095 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains & Humaniora
Volume 2, Nomor 2, Agustus 2008

Penulis:

Made Putra
Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasikan cara mahasiswa dalam mencari informasi di Perpustakaan Undiksha, (2) menjelaskan jenis alat bantu layanan informasi yang paling diminati dan yang tidak diminati oleh mahasiswa di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha, dan (3) mendeskripsikan tingkat intensitas mahasiswa dalam menggunakan perpustakaan di Undiksha. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 120 mahasiswa yang tersebar pada 6 (enam) fakultas di Undiksha sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan pedoman observasi, kuesioner, dan pencatatan dokumen, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) mahasiswa dalam mencari/menelusuri informasi di perpustakaan, dengan Browsing adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa (59,17%), sedangkan OPAC, Bibliografi, serta Katalog sebesar (13,33%), dan bertanya kepada petugas (9,17%). (2) Alat bantu layanan informasi yang paling diminati/disukai mahasiswa adalah Browsing (83,3%) dengan alasan, karena penataannya sudah baik sehingga mudah mencari (30,83%), dan lebih leluasa memilih/membandingkan isi buku (14,17%), alat bantu layanan informasi yang paling tidak diminati/disukai oleh mahasiswa adalah OPAC (Online Public Access Cataloque) sebesar (53,3%), dengan alasan karena tidak mengerti cara menggunakan atau membingungkan (8,33%), dan proses kerja komputernya sangat lambat (11,67%). (3) Intensitas kunjungan mahasiswa ke perpustakaan per bulannya rata-rata dalam katagori kurang, yaitu (21,26%), persentase peminjaman buku oleh mahasiswa per bulannya berkatagori kurang, yaitu (30,63%), walaupun peningkatan angka kunjungan cukup tinggi, terutama dari tahun 2004 ke tahun 2005 mencapai lebih dari 100% (dari 10.2 menjadi 20.7), peminjaman buku juga terjadi angka peningkatan, terutama dari tahun 2002 ke tahun 2003 (sebesar 5.9), dan tahun 2003 ke 2004 (sebesar 5.5).

Kata-kata kunci: prilaku; informasi; pelayanan

DOWNLOAD PDF

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: