ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS SMP BERMUATAN PETA KONSEP DAN MODEL PERUBAHAN KONSEPTUAL

Kamis, 5 Juli 2012 pukul 10:52 am | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan | Tinggalkan komentar
Tag: , , ,

ISSN 1979-7109 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Volume 4, Nomor 1, April 2010

Penulis:

I Wayan Santyasa, AAIN. Marhaeni, & I Wayan Suastra
Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan melakukan analisis kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran sains bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual. Penelitian dilakukan dengan metode survey pada 9 (sembilan) kabupaten/kota di Provinsi Bali. Subjek penelitian adalah 27 kepala sekolah, 54 guru sains, 54 perangkat pembelajaran sains, dan 291 siswa SMP. Objek yang dikaji, adalah tanggapan kepala sekolah dan guru terhadap pengembangan perangkat pembelajaran sains bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual, kecenderungan inovasi yang dimuat oleh perangkat pembelajaran sains yang digunakan oleh guru, dan penalaran sains siswa. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, observasi, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan, bahwa (1) kepala sekolah belum melakukan pembinaan pengembangan perangkat pembelajaran sains bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual, sehingga mereka mendukung upaya pengembangan, (2) guru-guru belum mengembangkan dan menggunakan perangkat pembelajaran sains bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual, sehingga mereka mendukung dan menyatakan kesiapan untuk terlibat dalam pengembangan, (3) perangkat pembelajaran sains yang digunakan oleh para guru selama ini belum ada indikasi bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual, dan (4) penalaran sains siswa berkategori rendah. Implikasinya, pengembangan perangkat pembelajaran sains bermuatan peta konsep dan model perubahan konseptual adalah program strategis untuk dilakukan.

Kata-kata kunci: Pengembangan; perangkat pembelajaran sains; peta konsep; model perubahan konseptual

DOWNLOAD PDF

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: