PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN AUTENTIK PEMBELAJARAN IPA KONTEKSTUAL TERINTEGRASI DENGAN MODEL PENGAJARAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMP

Kamis, 5 Juli 2012 pukul 2:22 pm | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan | 2 Komentar
Tag: , ,

ISSN 1979-7095 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Volume 4, Nomor 2, Agustus 2010

Penulis:

I Gusti Agung Nyoman Setiawan & I Ketut Artawan (Jurusan Pendidikan Biologi)
Dewa Ketut Sastra Widana (Jurusan Pendidikan Kimia)
FMIPA Undiksha

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan model asesmen pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kontekstual terintegrasi dengan model pengajaran berpikir tingkat tinggi sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa SMP. Penelitian ini direncanakan bertahap selama tiga tahapan. Untuk tahap pertama tahun ini, target yang ingin dicapai adalah: 1) Profil prior knowledge tentang kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa; 2) Rancangan model dan strategi pembelajaran IPA kontekstual terintegrasi dengan model pengajaran berpikir tingkat tinggi siswa; 3) Rancangan model evaluasi pembelajaran IPA kontekstual terintegrasi dengan model pengajaran berpikir tingkat tinggi siswa. Pencapaian tujuan dan target khusus tersebut dilakukan dengan merancang skenario dan model evaluasi pembelajaran IPA kontekstual terintegrasi dengan model pengajaran berpikir tingkat tinggi sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan dengan menyebar kuesioner, mengamati proses pembelajaran beserta meniliai persiapan mengajar para guru, berupa Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP), dan menyebarkan soal jawaban terbuka (open ended question). Data yang diperoleh ditabulasi dan dideskripsikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran sudah mengarah ke pembelajaran kontekstual, namun belum memasukkan secara ekpisit dalam rencana pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajarannya. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa masih rendah, hanya mencakup ingatan dan penguasaan konsep secara terbatas. Untuk itulah diperlukan rancangan model pembelajaran IPA Kontekstual yang terintegrasi dengan model pengajaran berpikir tingkat tinggi sebagai upaya meningkatkan kompetensi siswa.

Kata kunci: Asesmen autentik IPA kontekstual; pengajaran berpikir; kompetensi siswa SMP

DOWNLOAD PDF

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Trimakasih, saya tertarik dengan model pembelajaran ini

  2. Oke, saya sangat matur nuwun, ingin belajar jadi peneliti sambil mengajar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: