PENGEMBANGAN MODEL DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERORIENTASI GAYA AFEKTIF DAN KESELAMATAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PROVINSI BALI

Kamis, 5 Juli 2012 pukul 11:34 am | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

ISSN 1979-7109 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Volume 4, Nomor 1, April 2010

Penulis:

I Ketut Budaya Astra, I M. A. Darmadi, & I Wayan Artana Yasa
Jurusan Penjaskesrek FOK Undiksha

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model dan perangkat pembelajaran penjasorkes berorientasi gaya afektif dan keselamatan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Provinsi Bali. Data penelitian terdiri dari data tentang analisis kebutuhan guru terhadap pembelajaran penjasorkes, data tentang validitas draft model dan perangkat pembelajaran, data tentang hasil observasi penerapan model dan perangkat pembelajaran melalui uji terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: kuesioner, lembar validasi, observasi, wawancara yang dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran yang dominan digunakan guru adalah model ekspsitori (73%) dan model yang paling dikuasai oleh guru adalah model ekspositori (91%). Untuk menumbuhkan nilai/sikap pada siswa dibutuhkan model pembelajaran afektif dalam setiap pembelajarannya (55%). Menurut persepsi guru, model pembelajaran yang mampu menumbuhkan aspek afektif adalah model pembelajaran kontekstual (27%) dan kombinasi ekspositori dengan pembelajaran kontekstual (27%), keselamatan merupakan faktor yang sangat penting dalam pembelajaran penjasorkes (100%), kelengkapan fasilitas olahraga yang kurang (40%), penilaian afektif dalam pembelajaran penjasorkes sangat penting (91%). Model dan perangkat pembelajaran penjasorkes berorientasi gaya afektif dan keselamatan berkategori baik, model dan perangkat pembelajaran juga menunjukan tingkat keterlaksanaan yang baik. Disarankan, agar penelitian ini dapat dilaksanakan dan diterapkan secara luas, dan pentingnya aspek afektif dan keselamatan dapat dijadikan pedoman pembelajaran dalam mencerdaskan dan menyiapkan anak didik untuk menghadapi tantangan global.

Kata-kata kunci: pembelajaran pendidikan jasmani; pembelajaran gaya afektif; keselamatan.

DOWNLOAD PDF

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: