PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MATA PELAJARAN SAINS SMP
Selasa, 10 Juli 2012 pukul 10:49 am | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan | Tinggalkan komentarTag: bahan ajar sains, kearifan lokal, pembelajaran sains
ISSN 1979-7109
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Volume 4, Nomor 3, Desember 2010
Penulis:
I Wayan Sukra Warpala (Jurusan Pendidikan Biologi)
I Wayan Subagia (Jurusan Pendidikan Kimia)
I Wayan Suastra (Jurusan Pendidikan Fisika)
FMIPA Undiksha
Abstrak:
Tujuan penelitian ini adalah memberikan kontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya untuk pembelajaran sains pada jenjang SMP melalui pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Bahan ajar yang dikembangkan terdiri atas tiga bagian pokok, yaitu materi ajar, prosedur pembelajaran, dan cara penilaian hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuestioner, wawancara, observasi, penggunaan angket sebagai lembar validasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan kriteria yang ada. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal memberikan kontribusi yang positif untuk peningkatan pemahaman konsep dan kinerja ilmiah siswa. Di samping itu, diperoleh bahan ajar berbasis kearifan lokal berwawasan kontekstual, yang valid, praktis, dan efektif untuk mendukung proses pembelajaran sains.
Kata kunci: bahan ajar sains, pembelajaran sains, kearifan lokal
Tinggalkan komentar